Selasa, 08 Mei 2012

Petilasan Joyoboyo


Pada Sabtu pagi menjelang siang (4/05), saya pergi ke makam Petilasan Joyoboyo bersama kedua teman saya, Mey dan Della beserta adiknya. Petilasan tersebut terletak di Desa Menang, Kecamatan Pagu, yang berjarak 12 kilometer arah utara Kota Kediri. Tempat yang cukup jauh dari Kota Kediri.
 Petilasan tersebut merupakan tempat muksa (jiwa dan raga kembali ke alam kelanggengan secara bersama-sama) Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo sebagai raja Kediri yang memerintah pada tahun 1135-1157. Petilasan Joyoboyo dipugar atas prakarsa Keluarga Besar Hondodento pada tahun 1975 dan diresmikan pada 17 April 1976. Petilasan Joyoboyo merupakan bekas wilayah Kraton Kediri.
Loka Mahkota

Pamuksan
jalan masuk Petilasan
Loka Busana
Di sana terdapat 4 tempat yang dianggap sakral, yaitu loka muksa tempat Sang Prabu melakukan muksa, loka busana, lokamahkota, dan Sendang Tirto Kamandanu.
Setiap 1 Suro, selalu diadakan upacara adat yang diikuti oleh peserta khusus dan pengunjung dari berbagai daerah di petilasan tersebut. Selain itu juga diadakan penyucian bersih desa oleh warga Kediri. Peninggalan sejarah Kediri tersebut biasanya sering dikunjungi pada malam Jumat Legi dan Selasa Kliwon.
Tema: Sejarah, Tempat Keramat

1 komentar:

Monggo dikomen~