Selasa, 08 Mei 2012

Pecel Bu Darmo: Sampai ke Amerika


Selain olahan tahu, Kediri juga dikenal dengan makanan pecel. Di Jl. Doho saat malam hari, siapapun akan dengan menemukan banyak penjual pecel di pinggir jalan. Tapi, pecel yang selalu ramai dikunjungi adalah Warung Pecel Bu Darmo milik keluarga teman saya.
Setiap pagi selama saya berada di Kediri, saya selalu disuguhi nasi pecel oleh keluarga teman saya. Bukan tidak ada menu lain di Kediri, hanya saja keluarga teman saya itu memiliki warung pecel sejak lama dan sangat terkenal di Kediri sana. Warung pecelnya dinamai Warung Pecel Bu Darmo. Itu adalah nama nenek teman saya. Warung tersebut memang sudah berdiri sangat lama, dan jika teman saya mengatakan warung tersebut sudah ada sejak ia kecil, itu berarti warung tersebut sudah berdiri 20 tahun lebih!
warung pecel Bu Darmo
Warung yang terletak di Jl. Banjaran itu buka setiap hari mulai pukul 6 pagi. Warung yang dijalankan secara turun-temurun tersebut nyaris tak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika hari Minggu. Sabtu pagi (5/05) saat saya diajak teman saya ke sana, warung tersebut sudah penuh oleh orang-orang yang sedang dan akan mengisi perut. Sambal pecel buatan sendiri yang pedas bahkan mampu membuat pengunjung yang tidak menyukai makanan pedas ketagihan. Banyak pilihan lauk yang disediakan seperti tahu, tempe, dan telur mata sapi. Dengan harga rata-rata empat ribu rupiah saja pengunjung sudah dapat merasakan sensasi pedas pecel tersebut.
pecel dibungkus daun pisang
Sambal pecel dan peyek warung Bu Darmo bahkan sudah pernah ‘terbang’ ke Singapura dan Amerika. Salah satu pemesan pecel tersebut adalah pemilik dari Pabrik Rokok Gudang Garam. Itulah sebab mengapa sambal pecel dan peyek warung Bu Darmo bisa terbang menaiki helikopter.
Jika sedang berada di Kediri dan mencari tempat untuk sarapan, coba kunjungi warung tersebut. Tapi jangan datang di atas pukul 9, karena bisa jadi Anda tidak sempat mencicipi pecel tersebut. Sebab, warung akan ditutup begitu persediaan nasi sudah habis.
Tema: Kuliner

3 komentar:

  1. emm...ralat, semenjak bapakku SMP warung ini sudah ada..sejarahnya panjang lohh..hhee.. :D

    BalasHapus
  2. hoooo hontou~?? Sugoiiiiii~ o.O *syok*

    BalasHapus
  3. nomor telepon Pecel bu Darmo, berapa ya

    BalasHapus

Monggo dikomen~