Selasa, 08 Mei 2012

Arca Totok Kerot: Sejarah yang Terbengkalai


Usai mengunjungi Petilasan Joyoboyo, kami pergi mengunjungi Arca Totok Kerot. Arca tersebut terletak di Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu. Arca tersebut masih memiliki sejarah yang berkaitan dengan Petilasan Joyoboyo. Legenda tersebut bermula dari seorang putri cantik yang melamar Sri Aji Joyoboyo, namun ditolak. Lalu terjadilah perang antara pasuka Lodoyo dan pasukan Menang, dan akhirnya putri tersebut dikutuk Sri Aji Joyoboyo menjadi patung raksasa wanita buruk rupa.
Arca Totok Kerot
Arca Totok Kerot berwujud raksasa wanita berkalung tengkorak yang memiliki tinggi kurang lebih 300 cm. Awalnya arca tersebut terpendam di dalam tanah, lalu pada 1981 arca tersebut diangkat sampai setengah badan. Lalu sekitar tahun 2000, arca tersebut diangkat seluruhnya dan muncul di permukaan tanah. Arca Totok Kerot dianggap sebagai pintu gerbang Kerajaan Kediri.
Tempat tesebut jarang dikunjungi orang karena memang tidak dibangun sebagai tempat wisata. Di sekitarnya juga minim penjual makanan (saya hanya melihat 1 warung di dekat sana). Orang-orang kebanyakan hanya mampir sebentar lalu pergi. Saat saya berkunjung ke sana (5/05), saya hanya melihat sepasang anak sekolah duduk-duduk di pos dekat arca tersebut.
Tema: Peninggalan Sejarah

1 komentar:

Monggo dikomen~