Selasa, 08 Mei 2012

Simpang Lima Gumul: Tempat Nongkrong Anak Muda


Jika ingin menemui sejumlah anak muda Kediri berkumpul terutama saat malam Minggu dan Minggu pagi, coba kunjungi Monumen Simpang Lima Gumul (SLG). Tempat tersebut merupakan salah satu ikon wisata Kota Kediri yang dirintis oleh Bupati Sutrisno pada tahun 2001 dan selesai dibangun tahun 2005.
Monumen yang terletak di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem tersebut memiliki luas 804 meter persegi dan tinggi 25 meter. Di keempat sisi Monumen SLG terdapat Arca Ganesha yang merupakan lambang Kabupaten Kediri. Di Monumen SLG pengunjung dapat melihat relief yang menggambarkan kesenian tradisional Kediri dan budaya Indonesia, sejarah Kediri, sampai kerukunan antarumat beragama. Monumen SLG dibangun karena terinspirasi L’Arch de Triomphe yang ada di Paris.
SLG malam hari
SLG siang hari

L’Arch de Triomphe
Saat saya berkunjung Sabtu malam (5/05) ke SLG, monumen tersebut sudah dipadati oleh pengunjung yang sebagian besar adalah anak muda. Pengunjung tidak hanya berasal dari Kediri, tetapi ada juga dari kota-kota lain. Di sana pengunjung dapat menikmati akses wifi yang entah baik atau tidak koneksinya, karena saya tidak mencobanya. Kawasan monumen yang dikelola oleh pemerintah tersebut memang selalu ramai saat malam Minggu dan Minggu pagi (untuk jogging). Di sekitar area parkir terdapat Pasar Tugu yang menjual berbagai macam makanan dan juga barang-barang seperti kaos.

terowongan bawah tanah SLG
Pasar Tugu SLG
Dari area parkir, pengunjung akan melewati sebuah terowongan bawah tanah yang menghubungkan area parkir dengan monumen. Sebenarnya Monumen SLG memiliki fasilitas seperti diorama dan convention hall, namun sayang monumen tersebut hanya dibuka saat hari libur. Jalanan sekitar monumen yang cukup luas tak jarang digunakan sebagai arena balap oleh anak-anak muda Kediri.
Tema: Wisata, Tempat Hiburan

4 komentar:

  1. SLG (simpang Lima Gumul ) Kediri memang pas untuk menciptakan SWEET OF MEMORY dengan Si Dia>Kunjungi.........

    BalasHapus
  2. min,,,, minta izin share gambarnya boleh.... bagus banget.

    BalasHapus
  3. Mantab Jiwa Melegenda,Erawisata patut ditelaah ini gan.kediri Jiwa Surabaya mantab kuliner

    BalasHapus

Monggo dikomen~